Greenly Raih Pendanaan Tahap Awal dari East Ventures

Greenly, perusahaan rintisan jaringan ritel makanan dan minuman sehat yang berbasis di Surabaya, meraih pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures dan beberapa angel investors. Rencananya, dana segar ini akan digunakan untuk membiayai inovasi produk, pengembangan teknologi, serta memperluas jaringannya di Surabaya hingga berekspansi ke kota-kota lainnya.

greenly

Greenly didirikan oleh Edrick Joe Soetanto dan Liana Gonta Widjaja. Liana adalah seorang ahli nutrisi dari UC Berkeley yang berpengalaman di industri kesehatan dan F&B. Ia juga merupakan sosok di balik ratusan resep Greenly. Adapun, Edrick yang adalah seorang serial entrepreneur, serta mantan Konsultan di PwC, berperan sebagai nahkoda dalam hal pengembangan dan eksekusi strategi bisnis Greenly.

“Kami ingin menghadirkan pola makan sehat dengan harga terjangkau, convenient, dan mudah didapatkan. Misi kami adalah membawa pola makan sehat ke seluruh lapisan masyarakat dan mewujudkannya di Indonesia sebagai sesuatu yang demokratis, bukan hanya untuk kalangan tertentu. Kami yakin bahwa dengan dukungan dari East Ventures dan seluruh mitra, misi ini akan dapat kami realisasikan,” ujar Edrick.

Salah satu komponen utama dari strategi Greenly adalah mengintegrasikan konsep new retail dengan pendekatan O2O, menjadikannya berbeda dengan pemain besar tradisional lainnya. Dengan konsep ini, Greenly mengadopsi pola penjualan multikanal melalui gerai fisik dan pesan antar. Saat ini, Greenly mengoperasikan 5 outlet di Surabaya, yaitu 1 gerai di Mall dengan konsep kafe/restoran, sementara 4 cabang lainnya melayani pesan antar dengan konsep cloud kitchen. Melalui strategi ini membuat Greenly lebih efisien sehingga mampu menawarkan produk dengan harga terjangkau, sekaligus mewujudkan misinya untuk membawa akses diet sehat bagi lebih banyak orang.

“Berdasarkan EV-DCI, Jakarta adalah kota terbaik untuk menunjang perkembangan bisnis perusahaan digital. Sementara founder yang berasal dari luar Jakarta, harus bisa beradaptasi cepat dan expansi ke Jakarta. Kepercayaan kami kepada founder di luar Jakarta telah dibuktikan sebelumnya oleh keberhasilan IDN Media yang berekspansi dari Surabaya ke seluruh Indonesia. Kami yakin Liana dan Edrick dapat mengembangkan Greenly dari Surabaya ke Jakarta, dan kota lain, untuk menyediakan makanan dan minuman sehat untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *